PIEP Kembangkan Aset Internasional dengan Kontrak Baru dan Perpanjangan Proyek

Senin, 05 Agustus 2024 | 20:40:07 WIB

Jakarta – PT Pertamina Internasional Eksplorasi dan Produksi (PIEP) yang berada di bawah Subholding Upstream Pertamina Regional Internasional berhasil mencatatkan kinerja operasional dan produksi yang sangat memuaskan pada pertengahan tahun 2024, melebihi target yang telah ditetapkan.

Dalam pertemuan Town Hall yang diadakan pada akhir Juli 2024, Direktur Utama PIEP, Jaffee A Suardin, melaporkan kinerja operasional dan keuangan serta pencapaian-pencapaian penting lainnya. Keberhasilan ini diraih berkat dedikasi dan ketekunan manajemen serta staf dalam menghadapi berbagai tantangan.

PIEP berhasil mencapai produksi minyak dan gas sebesar 227,1 MBOEPD, yang sekitar 8% lebih tinggi dari target Rencana Kerja dan Anggaran Perusahaan (RKAP) tahun 2024 sebesar 209,8 MBOEPD. Capaian ini terdiri dari 156,1 KBOPD untuk produksi minyak dan 411,1 MMSCFD untuk gas, dengan peningkatan signifikan produksi gas sebesar 64% dibandingkan target RKAP sebesar 250,6 MMSCFD.

Dari sisi OPEX, perusahaan berhasil mencatat efisiensi dengan pengeluaran sebesar USD 547,74 juta, lebih rendah dari target RKAP year-to-date sebesar USD 671,22 juta. Selain itu, biaya produksi juga berhasil ditekan menjadi USD 7,8/BOE, lebih rendah dari target RKAP sebesar USD 9,4/BOE.

“Para Perwira Regional 5 Internasional Subholding Upstream menunjukkan ketekunan dalam menyelesaikan berbagai proyek di Malaysia, termasuk kontrak baru di blok SK510, yang merupakan proyek terbaru sejak 2014, serta perpanjangan blok SK309 dan SK311 hingga 2040,” ungkap Jaffee A Suardin.

“Usaha kami dalam meningkatkan nilai juga terlihat dari keberhasilan unlocking values di Venezuela, di mana Maurel & Prom (M&P) telah memperoleh lisensi khusus dari Office of Foreign Assets Control Amerika Serikat untuk operasi di Venezuela hingga 31 Mei 2026. PIEP juga terus berupaya meningkatkan pencapaian global melalui dukungan inisiatif proyek dari Subholding Upstream Pertamina dengan pendekatan stakeholder engagement yang terukur,” tambahnya.

Dharmawan H Samsu, Komisaris Utama PIEP, juga menyampaikan apresiasi tertingginya kepada Perwira Regional 5 Internasional atas semua pencapaian hingga Semester I 2024. Ia menekankan bahwa kinerja ini terwujud berkat kerja keras, kecerdasan tim, dan ketahanan dalam menghadapi berbagai tantangan sepanjang tahun.

Halaman :

Terkini