ASDP Siapkan Armada untuk Hadapi Lonjakan Penumpang Libur Waisak

ASDP Siapkan Armada untuk Hadapi Lonjakan Penumpang Libur Waisak

JAKARTA - PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) telah melakukan berbagai persiapan untuk mengantisipasi peningkatan arus kendaraan dan penumpang selama libur panjang Hari Raya Waisak yang jatuh pada Kamis (23/5) dan cuti bersama pada Jumat (24/5). Meskipun diprediksi terjadi kenaikan sebesar 3% dibandingkan hari biasa, ASDP optimis mampu melayani pengguna jasa dengan optimal.

Kesiapan Armada dan Fasilitas Pelabuhan

Untuk memastikan kelancaran arus penyeberangan, ASDP telah menyiapkan 66 unit kapal ferry di lintas Merak-Bakauheni, dengan 28 unit beroperasi penuh selama 24 jam. Pola operasi yang diterapkan memungkinkan hingga 112 trip per hari, sehingga kapasitas angkut kendaraan mencapai lebih dari 39.000 unit per hari.

Baca Juga

Jelang Nataru, Dirut ASDP Tinjau Kesiapan Pelabuhan Merak-Bakauheni

Selain itu, fasilitas dan layanan publik di pelabuhan utama seperti Merak, Bakauheni, Ketapang, dan Gilimanuk juga telah ditingkatkan. Peningkatan ini mencakup penambahan toll gate, vending machine, CCTV, posko kesehatan, toilet, dan kapasitas angkut kendaraan.

Prediksi Lonjakan Penumpang dan Imbauan Pembelian Tiket Online

Meskipun libur Waisak bertepatan dengan ujian akhir sekolah, ASDP memprediksi akan terjadi kenaikan jumlah kendaraan yang menyeberang hingga 8.000 unit pada hari Kamis (23/5). Namun, angka ini diperkirakan tidak akan melebihi puncak arus mudik Lebaran yang mencapai lebih dari 10.000 unit kendaraan.

Untuk menghindari antrean panjang di pelabuhan, ASDP mengimbau pengguna jasa untuk membeli tiket secara online melalui Ferizy. Tiket dapat dipesan sejak 60 hari sebelum keberangkatan hingga H-1.

Peringatan Cuaca Ekstrim

BMKG telah mengeluarkan peringatan cuaca berawan hingga hujan ringan dengan potensi angin kencang di wilayah Cilegon, Banten selama libur Waisak. ASDP mengingatkan pengguna jasa untuk tetap waspada dan mengikuti arahan petugas demi keselamatan pelayaran.

Komitmen ASDP dalam Memberikan Pelayanan Terbaik

Corporate Secretary ASDP, Shelvy Arifin, menegaskan komitmen perusahaan dalam memberikan layanan terbaik bagi pengguna jasa. "Kami berharap pengguna jasa dapat menyeberang dengan aman, nyaman, dan selamat," ujarnya.



Redaksi

Redaksi

navigasi.co.id adalah media online yang menyajikan berita sektor energi dan umum secara lengkap, akurat, dan tepercaya.

Rekomendasi

Berita Lainnya

Kementerian Pekerjaan Umum Percepat Program 3 Juta Rumah Gratis, Bebaskan BPHTB dan Biaya Izin untuk MBR

Kementerian Pekerjaan Umum Percepat Program 3 Juta Rumah Gratis, Bebaskan BPHTB dan Biaya Izin untuk MBR

Hutama Karya Mulai Konstruksi Jalan Tol Trans Sumatra Tahap II, Percepat Konektivitas dan Perekonomian Regional

Hutama Karya Mulai Konstruksi Jalan Tol Trans Sumatra Tahap II, Percepat Konektivitas dan Perekonomian Regional

Jelang Nataru, Dirut ASDP Tinjau Kesiapan Pelabuhan Merak-Bakauheni

Jelang Nataru, Dirut ASDP Tinjau Kesiapan Pelabuhan Merak-Bakauheni

Hasil Uji Lab Lemigas: Kualitas Pertamax Memenuhi Spesifikasi Dirjen Migas

Hasil Uji Lab Lemigas: Kualitas Pertamax Memenuhi Spesifikasi Dirjen Migas

Kementerian BUMN Laporkan Pendapatan Negara dari Deviden BUMN Tercapai 100% senilai Rp85,5 T pada 2024 dan akan meningkat ke Rp90 T pada 2025

Kementerian BUMN Laporkan Pendapatan Negara dari Deviden BUMN Tercapai 100% senilai Rp85,5 T pada 2024 dan akan meningkat ke Rp90 T pada 2025