ASDP Siapkan Armada untuk Hadapi Lonjakan Penumpang Libur Waisak
- Rabu, 05 Juni 2024
JAKARTA - PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) telah melakukan berbagai persiapan untuk mengantisipasi peningkatan arus kendaraan dan penumpang selama libur panjang Hari Raya Waisak yang jatuh pada Kamis (23/5) dan cuti bersama pada Jumat (24/5). Meskipun diprediksi terjadi kenaikan sebesar 3% dibandingkan hari biasa, ASDP optimis mampu melayani pengguna jasa dengan optimal.
Kesiapan Armada dan Fasilitas Pelabuhan
Untuk memastikan kelancaran arus penyeberangan, ASDP telah menyiapkan 66 unit kapal ferry di lintas Merak-Bakauheni, dengan 28 unit beroperasi penuh selama 24 jam. Pola operasi yang diterapkan memungkinkan hingga 112 trip per hari, sehingga kapasitas angkut kendaraan mencapai lebih dari 39.000 unit per hari.
Baca JugaTJSL & CSR Awards 2024: PLN Enjiniring Unggul dengan Penghargaan Platinum Star 5 Berkat Program CSR
Selain itu, fasilitas dan layanan publik di pelabuhan utama seperti Merak, Bakauheni, Ketapang, dan Gilimanuk juga telah ditingkatkan. Peningkatan ini mencakup penambahan toll gate, vending machine, CCTV, posko kesehatan, toilet, dan kapasitas angkut kendaraan.
Prediksi Lonjakan Penumpang dan Imbauan Pembelian Tiket Online
Meskipun libur Waisak bertepatan dengan ujian akhir sekolah, ASDP memprediksi akan terjadi kenaikan jumlah kendaraan yang menyeberang hingga 8.000 unit pada hari Kamis (23/5). Namun, angka ini diperkirakan tidak akan melebihi puncak arus mudik Lebaran yang mencapai lebih dari 10.000 unit kendaraan.
Untuk menghindari antrean panjang di pelabuhan, ASDP mengimbau pengguna jasa untuk membeli tiket secara online melalui Ferizy. Tiket dapat dipesan sejak 60 hari sebelum keberangkatan hingga H-1.
Peringatan Cuaca Ekstrim
BMKG telah mengeluarkan peringatan cuaca berawan hingga hujan ringan dengan potensi angin kencang di wilayah Cilegon, Banten selama libur Waisak. ASDP mengingatkan pengguna jasa untuk tetap waspada dan mengikuti arahan petugas demi keselamatan pelayaran.
Komitmen ASDP dalam Memberikan Pelayanan Terbaik
Corporate Secretary ASDP, Shelvy Arifin, menegaskan komitmen perusahaan dalam memberikan layanan terbaik bagi pengguna jasa. "Kami berharap pengguna jasa dapat menyeberang dengan aman, nyaman, dan selamat," ujarnya.
Redaksi
navigasi.co.id adalah media online yang menyajikan berita sektor energi dan umum secara lengkap, akurat, dan tepercaya.
Rekomendasi
Berita Lainnya
PLN Enjiniring Bahas Strategi Internal Guna Mencapai NZE 2060 dalam Seminar Nasional 2024
- Senin, 02 September 2024
Peresmian Proyek ACCESS di Sumba, PLN Enjiniring Dukung Akses Energi Bersih di Daerah Terpencil
- Minggu, 01 September 2024
Suksesnya Peresmian Proyek ACCESS di Sumba, PLN Enjiniring Wujudkan PLTS Berkelanjutan
- Senin, 02 September 2024
PLN Enjiniring dan Peresmian Proyek ACCESS di Sumba: Mempercepat Akses Energi Terbarukan
- Minggu, 01 September 2024
Peresmian Proyek ACCESS di Sumba, PLN Enjiniring Perkuat Transisi Energi di Indonesia
- Senin, 02 September 2024
Terpopuler
1.
PLN Icon Plus Dorong PLTS Atap, Wujudkan Energi Hijau di Indonesia
- 13 September 2024
2.
PLTS Atap sebagai Pionir Energi Hijau, PLN Icon Plus Berperan Aktif
- 12 September 2024
3.
PLN Icon Plus Dorong Transformasi Energi Melalui PLTS Atap
- 11 September 2024
4.
PLN Icon Plus: Inisiatif PLTS Atap untuk Masa Depan Berkelanjutan
- 10 September 2024
5.
Energi Bersih untuk Masa Depan: PLN Icon Plus Dorong PLTS Atap
- 10 September 2024