PLN Haleyora Power dan Telkom Perkuat Infrastruktur 5G Melalui Kerja Sama Strategis

Kamis, 16 Mei 2024 | 16:22:09 WIB

JAKARTA – PT Haleyora Power (HP), anak perusahaan PLN yang berfokus pada Operasi & Pemeliharaan (O&M) jaringan listrik, telah menandatangani nota kesepahaman dengan PT Dayamitra Telekomunikasi Tbk (Mitratel), anak perusahaan PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk (Telkom). Kerja sama ini bertujuan untuk instalasi dan pemeliharaan infrastruktur ketenagalistrikan di sekitar Base Transceiver Station (BTS) telekomunikasi.

Penandatanganan nota kesepahaman ini berlangsung di Telkom Landmark Tower, Jakarta pada 8 Mei. Melalui kemitraan ini, HP dan Mitratel berupaya menjaga keandalan pasokan listrik di infrastruktur BTS serta ekosistemnya. Langkah ini diharapkan dapat mendukung implementasi layanan 5G yang akan meningkatkan kualitas jaringan telekomunikasi di Indonesia.

Isral, Plt Direktur Utama Haleyora Power, menegaskan komitmen perusahaan dalam mendukung peningkatan kualitas layanan telekomunikasi, yang ia anggap sebagai aspek penting bagi masyarakat. "Keandalan listrik dalam infrastruktur BTS sangat penting untuk memastikan kelangsungan layanan dan pertumbuhan bisnis Telkom Group, serta memberikan kemudahan akses layanan telekomunikasi bagi masyarakat Indonesia," ujar Isral.

Dari pihak Mitratel, Direktur Operasi dan Pembangunan, Hastining Bagyo Astuti, menyatakan optimisme dalam menghadapi tantangan pembangunan dan operasional menara BTS di berbagai wilayah Indonesia melalui kerja sama ini. "Kami percaya bahwa kemitraan strategis antara Haleyora Power dan Mitratel akan mengatasi tantangan pertumbuhan industri telekomunikasi dengan rencana Telkom Group untuk membangun dan mengoperasikan menara BTS di berbagai lokasi di Indonesia," kata Hastining.

Acara penandatanganan MoU ini juga dihadiri oleh Executive Vice President (EVP) Manajemen Portfolio PLN, I Nyoman Ngurah Widyatnya. Ia menyoroti bahwa kemitraan ini mencerminkan implementasi program kolaborasi antar Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Dengan kolaborasi ini, HP dan Mitratel berharap dapat memperkuat infrastruktur ketenagalistrikan dan telekomunikasi, yang merupakan fondasi penting dalam pengembangan layanan 5G dan transformasi digital di Indonesia.

Terkini