ASDP Tingkatkan Fasilitas Pelabuhan untuk Libur Waisak

Rabu, 12 Juni 2024 | 21:47:42 WIB

JAKARTA – PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) telah mengumumkan kesiapannya dalam menghadapi potensi lonjakan penumpang selama libur panjang Hari Raya Waisak yang jatuh pada Kamis (23/5) dan cuti bersama pada Jumat (24/5). Meskipun diprediksi terjadi peningkatan jumlah penumpang sebesar 3% dibandingkan hari biasa, ASDP menjamin kapasitas kapal dan pelabuhan mencukupi untuk melayani pengguna jasa dengan aman dan nyaman.

Armada dan Fasilitas Pelabuhan Siap Beroperasi Optimal

Untuk jalur penyeberangan Merak-Bakauheni, ASDP telah menyiapkan 66 unit kapal ferry, dengan 28 unit beroperasi penuh selama 24 jam. Dengan pola operasi 4 kapal per dermaga, ASDP mampu melayani hingga 112 trip per hari, memastikan kelancaran arus kendaraan dan penumpang.

Selain itu, fasilitas dan layanan publik di pelabuhan utama seperti Merak, Bakauheni, Ketapang, dan Gilimanuk juga telah ditingkatkan. Peningkatan ini mencakup penambahan toll gate, vending machine, CCTV, posko kesehatan, toilet, dan peningkatan kapasitas angkut kendaraan hingga lebih dari 39.000 unit kendaraan kecil per hari di Pelabuhan Merak.

Prediksi Lonjakan Penumpang dan Imbauan Pembelian Tiket Online

ASDP memperkirakan puncak arus penumpang akan terjadi pada Kamis (23/5), namun tidak akan melebihi angka yang tercatat saat Idul Fitri. Untuk menghindari antrean dan memastikan kenyamanan perjalanan, ASDP mengimbau pengguna jasa untuk membeli tiket secara online melalui Ferizy. Tiket dapat dibeli melalui website trip.ferizy.com atau aplikasi Ferizy dan mitra resmi.

Peringatan Cuaca Ekstrim

BMKG memprediksi cuaca berawan hingga hujan ringan dengan potensi angin kencang di wilayah Cilegon, Banten. ASDP mengingatkan pengguna jasa untuk tetap waspada dan mengikuti arahan petugas demi keselamatan pelayaran.

Komitmen ASDP dalam Memberikan Layanan Terbaik

Corporate Secretary ASDP, Shelvy Arifin, menegaskan komitmen perusahaan dalam memberikan layanan terbaik bagi pengguna jasa. "Kami berharap pengguna jasa dapat menyeberang dengan aman, nyaman, dan selamat," ujarnya.

Terkini