Kesiapan ASDP dalam Menghadapi Lonjakan Penumpang Waisak

Rabu, 12 Juni 2024 | 21:46:40 WIB

JAKARTA-PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) telah bersiap menghadapi potensi lonjakan arus kendaraan dan penumpang pada libur nasional Hari Raya Waisak yang jatuh pada Kamis (23/5) dan cuti bersama Jumat (24/5). Meskipun diprediksi tidak akan terjadi lonjakan signifikan, ASDP memastikan kesiapan kapal, pelabuhan, dan fasilitas pendukung untuk menjamin kelancaran dan kenyamanan perjalanan pengguna jasa.

Corporate Secretary ASDP, Shelvy Arifin, mengungkapkan bahwa libur Waisak merupakan libur long weekend ketiga di bulan Mei yang berpotensi mendorong pergerakan masyarakat. Namun, adanya ujian akhir nasional untuk sekolah menengah diperkirakan akan menahan sebagian masyarakat untuk melakukan perjalanan liburan.

"Kami prediksi kenaikan arus kendaraan dan penumpang sekitar 3% dibanding hari normal. Meski tidak signifikan, kami pastikan kapasitas kapal dan pelabuhan memadai," tutur Shelvy.

Sebanyak 66 unit kapal ferry disiagakan di lintas Merak-Bakauheni, dengan 28 unit beroperasi per 24 jam. Pola operasi 4 kapal per dermaga diterapkan sesuai ketentuan BPTD.

Shelvy menjelaskan, berdasarkan data periode long weekend sebelumnya, jumlah kendaraan yang menyeberang masih terpantau landai, dengan rata-rata 6.000 hingga 8.000 unit per hari. Puncak arus berangkat terjadi pada Rabu (8/5) dengan 8.610 unit kendaraan.

"Prediksi kami, angka produksi kendaraan pada periode Waisak akan naik hingga delapan ribuan pada hari Kamis (23/5), namun tidak akan meningkat jauh seperti saat Idul Fitri," ungkap Shelvy.

ASDP juga memastikan ketersediaan fasilitas dan layanan publik di pelabuhan utama, seperti Merak, Bakauheni, Ketapang, dan Gilimanuk. Fasilitas tersebut telah ditingkatkan sejak sebelum layanan Angkutan Lebaran pada April lalu.

Di Pelabuhan Merak, tersedia 50 unit toll gate dan vending machine, 140 unit CCTV, 3 lokasi posko kesehatan, lebih dari 120 unit toilet, dan kapasitas kapal yang mampu mengangkut lebih dari 39.000 unit kendaraan kecil per hari.

Terkait kondisi cuaca, BMKG memprediksi wilayah Cilegon, Banten, akan berawan hingga hujan ringan pada Kamis (23/5) dengan kecepatan angin 10-20 km/jam. Bahkan, diperkirakan akan terjadi angin kencang hingga 30 km/jam pada Jumat (24/5).

"Kami mengimbau pengguna jasa untuk mewaspadai cuaca ekstrim dan mengikuti arahan petugas kapal dan pelabuhan demi keselamatan dan keamanan bersama," ujar Shelvy.

ASDP juga mendorong masyarakat untuk mempersiapkan perjalanan dengan matang dan membeli tiket online via Ferizy jauh-jauh hari untuk menghindari antrean dan memastikan kelancaran perjalanan.

Dengan kesiapan yang matang dan antisipasi yang baik, ASDP optimis dapat memberikan pelayanan terbaik bagi pengguna jasa selama libur Waisak

Terkini