Pencapaian Kinerja Lampaui Target, Haleyora Power Menjadi Anak Perusahaan Terbaik PLN Tahun 2023

Sabtu, 06 Juli 2024 | 14:20:02 WIB

JAKARTA-PT Haleyora Power (HP) selaku anak perusahaan PLN sukses melampaui target kinerja yang ditetapkan oleh perseroan pada tahun 2023. Pencapaian Nilai Kinerja Organisasi (NKO) yang diraih ditahun 2023 adalah sebesar 105,77 dan ini adalah pencapaian terbaik sepanjang sejarah HP sekaligus mengkokohkan HP sebagai Anak Perusahaan terbaik PLN tahun 2023. Pencapaian ini diraih berkat akselerasi bisnis yang terus dilakukan di seluruh lini bisnis perusahaan.

Plt. Direktur Utama HP, Isral pada paparannya di agenda Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) di Kantor Pusat PLN pada Sabtu (29/6), mengatakan bahwa pencapaian ini merupakan hasil dari perjuangan seluruh insan Haleyora Power yang berkomitmen memberikan kinerja terbaiknya di seluruh proses bisnis perusahaan.

“Capaian perusahaan tahun 2023 adalah hasil dari komitmen seluruh insan HP atau Hopers yang memberikan kinerja terbaiknya di seluruh proses bisnis perusahaan,” kata Isral.

Dihadapkan pada tantangan menjaga keandalan kelistrikan di Jawa, Sumatera, dan Bali, sekaligus mengakselerasi ekosistem kendaraan listrik di Indonesia, HP berhasil meningkatkan laba bersih perusahaan tahun 2023 sebesar 13,4% dibandingkan dengan tahun 2022. Laba bersih tersebut didapatkan dari total pendapatan usaha perusahaan yang melebihi target Rencana Kerja dan Anggaran Perusahaan (RKAP) sebesar 109 %. Selain itu, pada kinerja tahun 2023, HP juga berhasil menurunkan piutang usaha sebesar 8,57% dibandingkan tahun 2022.

“Pencapaian ini juga merupakan keberhasilan HP menjalankan Transformasi PLN selaku holding kami. Transformasi menjadikan kami lebih agile sehingga berdampak pada kinerja positif Haleyora Power,” ucap Isral.

Pada bisnis beyond kWh atau pendapatan diluar penjualan ketenagalistrikan, Isral menjelaskan bahwa HP berhasil menyumbang kinerja yang sangat baik kepada PLN dengan menumbuhkan pendapatan beyond kWh dibanding tahun 2022 sebesar 466%.

“Pada bisnis beyond kWh kami berhasil menumbuhkan pendapatan sebesar 466% yang didapatkan dari layanan jasa Borongan non ketenagalistrikan, Operation & Maintenance (OM) pelanggan prioritas, OM pelanggan retail, Electric Vehicle Ecosystem, dan OM PV Rofftop”, ungkap Isral.

Memberikan arahan pada agenda RUPS tersebut, Direktur Perencanaan Korporat dan Pengembangan Bisnis PT PLN (Persero) Hartanto Wibowo mengapresiasi kinerja HP yang berhasil menjadi Anak Perusahaan terbaik PLN tahun 2023.

“Terima kasih kepada Pak Isral dan seluruh insan HP yang telah melakukan kerja luar biasa di tahun lalu. Dengan kinerja keuangan yang positif ini, HP mendapatkan predikat sebagai anak perusahaan terbaik PLN tahun 2023,” kata Hartanto.

Komitmen HP dalam melaksanakan aspek kesehatan dan keselamatan kerja (K3) juga mendapat apresiasi dari Hartanto. Pihaknya juga menambahkan bahwa untuk mempertahankan kinerja yang positif tersebut, agar HP terus melaksanakan Business Development sesuai dengan strategi inisiatif moonshot yang telah ditetapkan PLN.

“Kami juga mengapresiasi karena HP telah berkomitmen menerapkan aspek K3 di seluruh lini bisnisnya. Selain itu, pak Isral dan tim agar melaksanakan business development sesuai dengan strategi Inisiatif moonshot untuk mengakselerasi dan mengembangkan bisnis Haleyora Power,” tutup Hartanto.

Terkini